Minggu, 10 Agustus 2014

0 Pengertian karbohidrat,protein,lemak,vitamin,mineral,air

1.Karbohidrat
Pengertian : Karbohidrat adalah polihidroksi aldehid atau polihidroksi keton dan meliputi kondensat polimer-polimer yang terbentuk. Nama karbohidrat dipakai dalam senyawa tersebut karena rumus empirisnya yang berupa CnH2nOn atau Cn(H2O)n yaitu karbon yang mengalami hidratasi. 
Fungsi :
·         Sumber Energi
Fungsi utama karbohidrat adalah menyediakan energi bagi tubuh. Karbohidrat merupakan sumber utama energi bagi penduduk di seluruh dunia, karena banyakdi dapat di alam dan harganya relatif murah. Satu gram karbohidrat menghasilkan 4 kkalori. Sebagian karbohidrat di dalam tubuh berada dalam sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi segera; sebagian disimpan sebagai glikogen dalam hati dan jaringan otot, dan sebagian diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam jaringan lemak. Seseorang yang memakan karbohidrat dalam jumlah berlebihan akan menjadi gemuk.
·         Pemberi Rasa Manis pada Makanan
Karbohidrat memberi rasa manis pada makanan, khususnya mono dan disakarida. Gula tidak mempunyai rasa manis yang sama. Fruktosa adalag gula yang paling manis. Bila tingkat kemanisan sakarosa diberi nilai 1, maka tingkat kemanisan fruktosa adalah 1,7; glukosa 0,7; maltosa 0,4; laktosa 0,2.
·         Penghemat Protein
Bila karbohidrat makanan tidak mencukupi, maka protein akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi, dengan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Sebaliknya, bila karbohidrat makanan mencukupi, protein terutama akan digunakan sebagai zat pembangun.
·         Pengatur Metabolisme Lemak
Karbohidrat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna, sehingga menghasilkan bahan-bahan keton berupa asam asetoasetat, aseton, dan asam beta-hidroksi-butirat. Bahan-bahan ini dibentuk menyebabkan ketidakseimbangan natrium dan dehidrasi. pH cairan menurun. Keadaan ini menimbulkan ketosis atau asidosis yang dapat merugikan tubuh.
·         Membantu Pengeluaran Feses
Karbohidrat membantu pengeluaran feses dengan cara emngatur peristaltik usus dan memberi bentuk pada feses. Selulosa dalam serat makanan mengatur peristaltik usus.
Serat makanan mencegah kegemukan, konstipasi, hemoroid, penyakit-penyakit divertikulosis, kanker usus besar, penyakiut diabetes mellitus, dan jantung koroner yang berkaitan dengan kadar kolesterol darah tinggi.
Laktosa dalam susu membantu absorpsi kalsium. Laktosa lebih lama tinggal dalam saluran cerna, sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.
Sumber :
1.Ada 3 macam sumber yang pertama adalah sumber karbohidrat yang berasal dari makanan berserat yaitu buah – buahan dan sayur sayuran,kemudian simple karbohidrat yang di dapat dari konsumsi gula dan yang terakhir adalah kompleks karbohidrat yang didapat dari nasi,kentang,jagung,roti dan lain lain
2.Karbohidrat yang penting dalam ilmu gizi di bagi dalam 2 golongan yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks
3.Karbohidrat sederhana terdiri atas monosakarida,disakarida,gula,alkohol dan oliogosakarida
4.Karbohidrat kompleks terdiri atas polisakarida dan serat
Kelebihan Karbohidrat :
Ada beberapa penyakit yang di alami oleh orang yang mengalami kelebihan karbohidrat.
1.Overwiegh (Kelebihan Berat Badan)
2.Diabetes
3.Jantung koroner
Kekurangan Karbohidrat :
Penyakit orang yang mengalami kekurangan karbohidrat
1.Marmus
Penyakit marmus sering menyerang anak balita  ( di bawah lima tahun )Penyakit marmus sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian apabila tidak ditangani secara serius.Penyakit marmus akan mengakibatkan tumbuh kembang anak menjadi terhambat.Perkembangan kecerdasannya menjadi lambat dan tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada perkembangan pisikologisnya
2.Protein
Pengertian : Protein adalah senyawa organic yang berbobot molekul tinggi berkisar beberapa ribu sampai jutaan. Protein tersusun dari atom C, H, O, dan N serta unsure lain seperti P dan S yang membentuk unit-unit asam amino. Protein berasal dari bahasa yunani kuno “proteos” artinya yang utama. Protein terdapat pada semua sel hidup, kira-kira 50% dari berat keringnya dan berfungsi sebagai pembangun struktur, biokatalis, hormon, sumber energy, penyangga racun, pengatur pH, dan sebagai pembawa sifat turunan dari generasi ke generasi


Fungsi :
Protein adalah bahan yang digunakan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.
Protein juga sebagai bahan pembentuk senyawa kimia seperti enzim yang berperan penting dalam mengatur berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh.
Protein dapat menjadi sumber energi
Pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel
Protein berfungsi sebagai Media perambatan impuls syaraf. Protein yang mempunyai fungsi ini biasanya berbentuk reseptor, misalnya rodopsin, suatu protein yang bertindak sebagai reseptor penerima warna atau cahaya pada sel-sel mata.
Sumber :
Protein terdiri dari beberapa asam amino, yang mana sebagian dapat diproduksi oleh tubuh dan sebagian lagi tidak. Asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh atau disebut dengan asam amino essensial dapat kita peroleh dari makanan. Dibandingkan dengan protein dari tumbuhan, protein hewani seperti daging, ikan, susu, keju, dan telur mengandung semua 9 asam amino essensial yang diperlukan tubuh.
Protein Hewani
1.   Red Meat Konsumsi red meat seperti daging sapi, kambing dan domba baik untuk tubuh. Selain sebagai sumber protein, red meatjuga penting sebagai sumber vitamin B12 and zat besi heme. Vitamin B12 merupakan vitamin yang sulit ditemui pada tumbuhan.
2.   White Meat Ayam merupakan salah satu contoh sumber protein dari white meat. Sama halnya dengan red meat, ayam juga mengandung lemak dan kolesterol.
3.   Fish kandungan lemak pada ikan. Beberapa jenis ikan, seperti gindara memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Ikan lainnya seperti salmon dan tuna memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, namun jangan kuatir karena lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak baik Omega 3.
4.   Susu dan produk olahannya 80% protein pada whole milk merupakan protein kasein, sedangkan 20% sisanya adalah protein whey
5.   Telur protein semakin mudah protein terserap dalam tubuh. Dibandingkan dengan sumber protein lainnya, nilai BV (whole eggs) adalah yang paling tinggi, yaitu 100.
Protein Nabati
1.Beans Susu kedelai juga mempunyai manfaat bagi orang yang memiliki lactose intolerance atau alergi terhadap susu sapi. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.
2.Grains ( Gandum ) Biji-bijian atau grains, seperti misalnya gandum, memang lebih banyak dikenal sebagai sumber karbohidrat  kandungan protein bisa mencapai sekitar 9%.konsumsi grains sebaiknya dibatasi, terutama bagi Anda yang sedang menjalani diet rendah karbo.
Kelebihan Protein :
Mengonsumsi lebih dari 30 persen protein sehari bisa menyebabkan terbentuknya keton, dan membuat ginjal bekerja keras, membuangnya keluar tubuh. Hali ni selain membebani ginjal juga bisa mengganggu jantung akibat dehidrasi, tulang kehilangan kalsium, dan massa otot malah bisa hilang.

Kekurangan Protein :
Kekurangan protein bisa menyebabkan penyakit busung lapar karena protein itu berfungsi sebagai sumber energi,hormon,enzim,dan sebagainya,jika kita kekurangan itu semua kita akan terjangkit penyakit busung lapar
3.Lemak
Pengertian : Lemak adalah sekelompok ikatan organik yang terdiri atas unsurunsurCarbon (C), Hidrogen (H), Oksigen(O) yang mempunyai sifat dapatlarut dalam zat-zat pelarut tertentu (zat pelarut lemak).
Fungsi : sumber energi,bahan baku hormon ,membantu tranport vitamin yang larut lemak ,sebagai bahan insulin terhadap perubahan suhu,serta pelindung organ organ tubuh bagian dalam
Sumber :
ada tiga macam sumber utama lemak dalam makanan yaitu :

- Lemak yang tidak kelihatan adalah ; lemak yang secara alamiah terdapat dalam bahan makanan. Bahan makanan yang mengandung tinggi lemak tidak kelihatan adalah : daging, telust, biji-bijian dan kacang-kacangan.

- Lemak kasat mata adalah :
Lemak yang terlihat oleh mata biasa, seperti : minyak goreng, gajih atau minyak jeroan, margarin dll.

- Lemak yang ditambahkan adalah :
Lemak yang secara komersial ditambahkan kedalam makanan, seperti : pastry, ice cream. Pie, cake ( kue ), atau makanan yang digoreng.

Kolesterol adalah satu turunan lemak. Bila kadar kolesterol dalam tubuh cukup, maka zat ini sangat berguna bagi tubuh untuk menjalankan fungsi beberapa organ tubuh seperti empedu, hormin, prekursor vitamin D, dan menggerakan fungsi beberapa organ lainnya. Kolesterol sendiri dapat dibuat oleh tubuh manusia, zat ini juga terdapat dalam beberapa bahan makanan. Apabila mengkomsumsi bahan makanan mengandung kolesterol dalam darah cenderung akan meningkat. Dan kolesterol berlebihan akan mengakibatkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Bahan makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah : kuning telur, hati, otak, paru, usus, kepiting, kerang-kerangan.
Kelebihan Lemak : Kelebihan lemak tubuh dikaitkan dengan ancaman fisik yang besar seperti penyakit jantung,obesitas, kanker, dan diabetes.orang gemuk juga cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, membuat mereka lebih rentan terhadap arteriosklerosis, penyempitan arteri oleh endapan plak. Ini menjadi ancaman nyawa ketika pembuluh darah menjadi begitu sempit atau tersumbat bahwa organ-organ vital seperti otak, jantung atau ginjal kekurangan darah. Selain itu, penyempitan pembuluh darah memaksa jantung untuk memompa lebih keras, dan tekanan darah akan meningkat. Tekanan darah tinggi itu sendiri menimbulkan beberapa risiko kesehatan, termasuk serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke. Sekitar 25 persen dari semua masalah jantung dan pembuluh darah yang berhubungan dengan obesitas.


Kekurangan Lemak : Kekurangan lemak juga menyebabkan penyakit yang cukup berbahaya bagi tubuh yaitu lemah nya penyerapan vitamin,depresi & kelebihan makan
4.Vitamin
Pengertian : Pengertian Vitamin adalah sekelompok  senyawa organik amina yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena vitamin berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh (vitamin mempunyai peran sangat penting dalam metabolisme tubuh), karena vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Jika manusia, hewan dan ataupun makhluk hidup lain tanpa asupan vitamin tidak akan dapat melakukan aktivitas hidup dengan baik, kekurangan vitamin menyebabkan tubuh kita mudah terkena penyakit.
Fungsi : Fungsi vitamin juga sangat penting sebagai zat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, meningkatkan serta menjaga kebugaran tubuh dan memperlambat proses penuaan. Jika Anda ingin awet muda, maka Anda hendaknya menjaga asupan vitamin yang cukup dan ditunjang dengan pola hidup sehat.
Sumber :
§  : Vitamin A. Vitamin ini juga disebut sebagi Retinol. Fungsi vitamin A antara lain untuk: menjaga penglihatan, mencegah hingga memulihkan penyakit rabun, serta menjaga lapisan selaput mukosa dalam tubuh.
§  Vitamin B. Manfaat vitamin B ini sangat baik untuk memperlancar pertumbuhan anak-anak, memperkuat tulang dan gigi, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah virus yang akan menyerang tubuh kita. Selain itu,manfaat vitamin B yang terkenal adalah untuk mencegah penyakit beri-beri.
§  Vitamin C. Vitamin ini dikenal pula dengan istilah asid askorbik. Fungsi vitamin C antara lain adalah sebagai pembentuk dan pengekal kolagen (suatu protein yang sangat penting untuk memperkuat kedudukan sel badan), mempercepat proses penyembuhan luka, memperkuat tulang dan gigi, mempercepat proses metabolisme, serta menjadi antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.
§  Vitamin D. Fungsi vitamin D yang paling utama adalah sebagai penghancur dan pembunuh segala macam virus maupun bakteri yang merugikan tubuh. Selain itu, fungsi vitamin D juga dapat memberikan kekuatan terhadap tubuh dari serangan penyakit. Vitamin D juga sangat penting untuk memperlancar proses pertumbuhan tulang dan gigi serta menjaganya dari kerapuhan.

Kelebihan Vitamin :
Vitamin A
Vitamin A (retinol) penting bagi perubahan cahaya, menjaga kesehatan kulit, tulang, dan gigi, membantu memelihara membran mukosa pada sistem pernapasan dan organ pencernaan, serta menangkal serangan infeksi sehingga kerap disebut vitamin antiinfeksi. Vitamin A juga bersifat antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas sehingga mencegah jaringan dan sel dari kerusakan.
Vitamin A banyak kita dapatkan dari makanan hewani, sedangkan dari produk nabati kita bisa memperoleh betakaroten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.
Kebutuhan terhadap vitamin A yang direkomendasikan ialah 800 mikrogram per hari (mkg/hari) untuk wanita dan 1.000 mkg/hari untuk pria. Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan mual, pandangan kabur, kelainan pertumbuhan, rambut rontok, lever dan limfa bengkak, cacat bawaan pada bayi, serta rapuh tulang hingga mudah patah.
Vitamin B3
Niasin (vitamin B3) diperlukan untuk mengubah protesin, lemak, dan karbohidrat menjadi energi, membantu fungsi sistem pencernaan, serta mendukung kesehatan kulit dan saraf. Dosis terbesar niasin yang sering kali lebih dari 1.000 miligram per hari (mg/hari) dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida, sekaligus menaikkan kolesterol baik HDL. Namun, konsumsi niasin dosis tinggi sebaiknya dengan pengawasan dokter.
Perempuan normalnya mendapatkan 15 mg niasin per hari, sementara pria 15-19 mg/hari. Triptofan adalah asam amino yang berperan seperti niasin, dan 60 mg triptofan setara dengan 1 mg niasin. Mengonsumsi kelebihan niasin dapat mengarah pada masalah jantung, timbul ruam, gatal-gatal, baal, kulit terasa panas tetapi bukan demam, sakit perut, kerusakan hati, gangguan otot, kembung, kulit kering, sakit kepala, sesak napas, dan lain-lain.

Vitamin B6
Vitamin B6 (piridoksin) berguna untuk membantu fungsi otak, mengubah protein menjadi energi. Sinergi antara vitamin B6, B12, dan asam folat dapat mengurangi kadar homosistein (asam amino) di dalam darah. Tingginya homosistein dapat meningkatkan risiko serangan jantung.
Kebutuhan vitamin B6 bagi perempuan sekitar 1,6 mg/hari, sedangkan bagi pria 2 mg/hari. Konsumsi vitamin B6 dosis tinggi, misalnya lebih dari 250 mg/hari, dapat menyebabkan kerusakan saraf, seperti kaki mati rasa, sehingga sulit berjalan. Pada ibu hamil, kelebihan ini dapat mengganggu pertumbuhan janin.
Kekurangan Vitamin :
Mereka yang tidak mendapatkan cukup  vitamin A, B1, dan B2 misalnya, selalu akan merasa lelah, disertai dengan hilangnya nafsu makan. Gejala lain termasuk diantaranya stres mental dan emosional, bibir pecah-pecah, dan kebiasaan yang mengganggu atau menyakitkan lainnya.

Yang paling umum menyebabkan kekurangan vitamin diantaranya termasuk pola makan yang buruk, alkoholisme, stres, kurangnya asupan vitamin, atau konsumsi obat-obatan yang mengganggu asupan vitamin Anda. Jika Anda selalu merasa lelah atau merasa kurang energi, Anda mungkin kekurangan vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Jika Anda mengunjungi dokter Anda dan mengatakan masalah Anda kepadanya, ia mungkin akan merekomendasikan vitamin dan suplemen yang akan memberikan apa yang anda butuhkan. Apa pun yang Anda lakukan, Anda tidak boleh berlebihan dan mencoba untuk mengganti apa yang telah hilang - karena hal ini akan menambah bahaya daripada kebaikan bagi tubuh anda.
5.Mineral
Pengertian : Mineral adalah senyawa alami yang terbentuk melalui proses geologis. Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk). Ilmu yang mempelajari mineral disebut mineralogi.

Fungsi :
* Kalsium
Fungsi o: penting untuk kesehatan tulang dan gigi, mengatur tindakan otot, fungsi saraf, pembekuan darah
o Sumber: produk susu, jus jeruk yang diperkaya kalsium, sayuran berdaun hijau
* Kromium
Fungsi o: penting untuk metabolisme glukosa, meningkatkan efektivitas insulin, fungsi otot
o Sumber: keju, gandum, daging, kacang polong, kacang-kacangan
* Tembaga
o Fungsi: pembentukan sel darah merah, pigmen, penting untuk kesehatan tulang
o Sumber: kacang-kacangan, kacang kering, tiram, kakao
* Fluorida
Fungsi o: mengeras enamel gigi, gigi berlubang berkurang
o Sumber: air fluoride, pasta gigi
* Yodium
o Fungsi: penting untuk fungsi kelenjar tiroid
o Sumber: makanan laut, garam beryodium
* Besi
o Fungsi: pembentukan hemoglobin
o Sumber: daging, ikan, unggas, daging, kacang-kacangan, biji-bijian dan diperkaya, sayuran berdaun hijau
* Magnesium
o Fungsi: enzim aktivasi, saraf dan fungsi otot, pertumbuhan tulang
o Sumber: kacang-kacangan, sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan
Mangan *
o Fungsi: pertumbuhan tulang dan pengembangan, produksi hormon seks, fungsi sel
o Sumber: kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah-buahan, teh, kopi, dedak
* Molibdenum
o Fungsi: ginjal dan fungsi hati, yang penting dalam penyimpanan besi, pertumbuhan
o Sumber: daging, gandum, kacang polong, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau
* Fosfor
Fungsi o: perkembangan tulang, karbohidrat, lemak dan protein pemanfaatan
o Sumber: daging, unggas, ikan, telur, produk susu, kacang, biji-bijian
* Selenium
o Fungsi: perkelahian kerusakan sel
o Sumber: makanan laut, daging tanpa lemak, biji-bijian, telur, ayam, bawang putih
* Seng
o Fungsi: pengaturan metabolisme, membantu dalam penyembuhan
o Sumber: daging, telur, seafood, biji-bijian, produk susu
* Kalium
Fungsi o: keseimbangan cairan, mengontrol aktivitas dari fungsi, jantung sistem saraf
o Sumber: sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan, dedak, produk susu
* Natrium
Fungsi o: keseimbangan cairan, transmisi impuls saraf
o Sumber: garam

Sumber :
Air kelapa

Air kelapa merupakan minuman yang sangat baik untuk tubuh. Air kelapa adalah murni alamiah dan aman dikonsumsi kapanpun sepanjang hari. Selain memiliki efek menyegarkan, air kelapa mengandung banyak mineral seperti kalium, kalsium, natrium, belerang, fosfor, dan klorida. Minuman ini juga kaya akan vitamin yang bekerja seperti diuretik, yang secara efektif dapat menyembuhkan sembelit juga menyehatkan jantung.

Susu rendah lemak

Susu rendah lemak sangat disarankan bagi penderita lambung, sebagai pembersih perut dan pendingin alternatif. Susu kadar lemak merupakan sumber kalsium, riboflavin, kalsium, dan vitamin.

Minuman sari jeruk

Segelas jus lemon segar adalah minuman terbaik untuk energi instan. Minuman ini berisi bulir jeruk dan glukosa yang tidak hanya terasa tajam di lidah, tetapi juga menjaga perut kosong. Selain itu, minuman sari jeruk mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang memperkaya dan menyegarkan tubuh lelah.

Sup

Semangkuk sup hangat merupakan alternatif terbaik lainnya untuk mendapatkan sepaket jumbo vitamin, mineral, dan pemberi energi. Semangkuk sup berisikan sayuran rebus akan semakin memperkaya kandungan nilai gizi dan juga mengisi perut.

Es jus sari buah

Popsicles adalah air jus yang dibekukan dan bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan manfaat mineral yang bervitamin. Segarnya es buah mampu meningkatkan energi dan membantu Anda menyingkirkan rasa lapar.



Kelebihan Mineral :
Berikut adalah beberapa mineral yang harus diwaspadai jika berlebihan dan berusahalah anda untuk membatasi asupannya:

Aluminium

Terlalu banyak asupan aluminium dapat memberikan efek negatif yang dapat merusak otak (menyebabkan Alzheimer), menyebabkan kerusakkan DNA, disfungsi ginjal, serta diduga dapat memicu kanker payudara.

Sumber alumunium yang bisa dikhawatirkan antara lain kandungannya di dalam obat-obatan, seperti antacids, aspirin, obat anti diarrhea, bedak bayi dan lipsticks. Selain itu agar waspada terhadap alat masak yang terbuat dari bahan aluminium atau aluminium foil karena alat ini dapat bereaksi kimia bila terkena asam cuka, asam tomat, asam jawa, asam jeruk, dan sebagainya.

Aluminium terakumulasi di berbagai jaringan di dalam tubuh, termasuk otak, ginjal, hati, paru-paru, dan tiroid. Aluminium bersaing dengan kalsium dalam proses absorpsi sehingga dapat mengakibatkan mineralisasi tulang berkurang. Pada bayi hal ini menghambat pertumbuhan. Hal ini juga mengganggu penyerapan fosfor, seng dan selenium oleh tubuh.

Potensi bahaya dari keracunan alumunium antara lain: dapat menyebabkan kerusakan otak, luka usu dan lambung, penyakit gastrointestinal, Parkinson's Disease, masalah kulit, retardasi mental pada bayi, gangguan belajar pada anak, penyakit hati, sakit kepala, mual mulas, sembelit, kurangnya energi dan perut kembung.

Arsenik

Percaya atau tidak, sebenarnya tubuh sangat membutuhkan arsen ini meski dalam jumlah yang sangat kecil. Kebanyakan orang mendapatkan sekitar 140 mcg sehari dari makanan mereka. Dosis yang lebih besar dari 250 mcg sehari bersifat racun.

Arsen (As) atau sering disebut arsenik adalah suatu zat kimia yang ditemukan sekitar abad-13. Sebagian besar arsen di alam merupakan bentuk senyawa dasar yang berupa substansi inorganik. Arsen inorganik dapat larut dalam air atau berbentuk gas dan terpapar pada manusia. Arsen inorganik bertanggung jawab terhadap berbagai gangguan kesehatan kronis, terutama kanker. Arsen juga dapat merusak ginjal dan bersifat racun yang sangat kuat.

Arsen terkandung dalam ikan dan makanan laut lainnya, seperti udang, cumi-cumi, dan kerang. Kandungan arsen dalam makanan laut mencapai angka lebih dari 4,5 mikrogram arsen/g berat basah. Arsen juga terdapat dalam daging dan sayur-sayuran, namun jumlahnya amat kecil.

Potensi bahaya kelebihan asupan arsenik antara lain: dapat menimbulkan kekeracunan dengan gejala mulai dari sakit kepala, kebingungan dan rasa kantuk. Selanjutnya menyebabkan kejang dan perubahan pigmentasi pada kuku. Ketika keracunan menjadi akut, gejala dapat mencakup diare, muntah, darah dalam urine, kram otot, rambut rontok, sakit perut, dan kejang-kejang lagi. Organ-organ tubuh yang biasanya dipengaruhi oleh keracunan arsenik adalah paru-paru, kulit, ginjal, dan hati. Hasil akhir dari keracunan arsenik adalah koma sampai mati.

Paparan jangka panjang akan arsenik berhubungan dengan kekurangan vitamin A yang berhubungan dengan penyakit jantung dan kebutaan malam (nyctalopia).

Tembaga

Tembaga (Cu) merupakan mikroelemen esensial untuk semua tanaman dan hewan, termasuk manusia. Logam Cu diperlukan oleh berbagai sistem enzim di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, Cu harus selalu ada di dalam makanan. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar kadar Cu di dalam tubuh tidak kekurangan dan juga tidak berlebihan.

Tembaga terlibat dalam berbagai reaksi biokimia di dalam sel manusia. Tembaga merupakan komponen beberapa enzim, yang terlibat dengan regulasi ekspresi gen, fungsi mitokondria / metabolisme sel, pembentukan jaringan ikat, serta penyerapan, penyimpanan, dan metabolisme dari zat besi.

Bahan makanan yang secara alami mengandung tembaga antara lain sayur-sayuran, kacang, kacang, biji-bijian, dan buah-buahan, serta kerang, alpukat, dan daging sapi (organ seperti hati). Karena tembaga ditemukan di kerak bumi, sebagian besar air permukaan dan air tanah yang digunakan untuk keperluan minum mengandung sejumlah kecil tembaga.

Cemaran tembaga (Cu) terdapat pada sayuran dan buah-buahan yang disemprot dengan pestisida secara berlebihan. Penyemprotan pestisida banyak dilakukan untuk membasmi siput dan cacing pada tanaman sayur dan buah.

Kebutuhan tubuh per hari akan Cu adalah 0,05 mg/kg berat badan. Pada kadar tersebut tidak terjadi akumulasi Cu pada tubuh manusia normal. Konsumsi Cu dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan keracunan dan bahkan dihubungkan dengan dengan penyakit Wilson yaitu gangguan genetik di mana tubuh tidak dapat melepaskan diri dari tembaga, mengakibatkan deposisi pada organ-organ dan konsekuensi serius seperti gagal hati dan kerusakan neurologis. Potensi bahaya lainnya termasuk obstruksi aliran empedu, kontaminasi cairan dialisis (pada pasien yang menerima hemodialisis untuk gagal ginjal), dan sirosis anak.
Kekurangan Mineral :
Dampaknya :

- Kelebihan Mineral dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan.
- Kekurangan Minerah dapat menyebabkan penyakit kekurangan mineral

Penyakit akibat kelebihan dan kekurangan mineral. diantaranya:

1. Akibat kekurangan natrium adalah sebagai berikut:
- menyebabkan kejang, apatis dan kehilangan nafsu makan
- dapat terjadi setelah muntah, diare, keringat berlebihan, dan diet rendah natrium

Akibat kelebihan natrium dapat menimbulkan keracunan yang dalam keadaan akut
menyebabkan edema dan hipertensi.

2. Akibat Kekurangan dan Kelebihan Chlor sebagai berikut:
- Kekurangan klor terjadi pada muntah-muntah, diare kronis, dan keringat berlebihan.
- Dan jika kelebihan juga bisa membuat muntah.

3. Kelebihan dan Kekurangan Kalsium sebagai berikut:
- Kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan menyebabkan gangguan
pertumbuhan, tulang kurang kuat, mudah bengkok dan rapuh. .

- Akibat kelebihan kalsium menimbulkan batu ginjal atau gangguan ginjal,
gangguan absorpsi mineral lain serta konstipasi.

4. Dampak Kelebihan dan Kekurangan fosfor sebagai berikut:
- Kekurangan fosfor mengakibatkan kerusakan tulang dengan gejala lelah,
kurang nafsu makan dan kerusakan tulang.
- Bila kadar fosfor darah terlalu tinggi, ion fosfat akan mengikat kalsium
sehingga dapat menimbulkan kejang.

5.Dampak Kelebihan dan Kekurangan Magnesium sebagai berikut:
- Penyakit yang menyebabkan muntah-muntah, diare, penggunaan diuretika
(perangsang pengeluaran urin), juga dapat menyebabkan kekurangan magnesium.
- Kekurangan magnesium berat akan menyebabkan kurang nafsu makan,
gangguan pertumbuhan, mudah tersinggung, gugup, kejang/tetanus, gangguan
system saraf pusat, halusinasi, koma dan gagal jantung.

6 Dampak Kelebihan dan Kekurangan Sukfur sebagai berikut:
- Dampak kekurangan sulfur bisa terjadi jika kekurangan protein.
- Kelebihan sulfur bisa terjadi jika konsumsi asam amino berlebih
yang akan menghambat pertumbuhan.
6.Air
Pengertian : Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air memiliki dua atom hidrogen kovalen terikat pada atom oksigen tunggal.
fungsi :
Pertama untuk menjaga kelembaban  organ di dalam tubuh. Bila organ tubuh kekurangan air, bentuknya akan semakin mengempis akibat kehilangan kelembaban. Bukan hanya organ penting dalam tubuh, tetapi juga kulit sebagai pembungkusnya. Berkeringat adalah sinyal bahwa tubuh harus mulai “diisi ulang” dengan air putih. Jika kurang minum air yang bermineral, tubuh tidak akan cukup mengeluarkan keringat. Akibatnya volume darah akan menurun, sirkulasipun akan bermasalah sehingga  manusia bisa pusing dan sesak napas.
Kedua untuk menjaga agar darah dan getah bening dalam tubuh mempunyai volume dan kekentalan yang cukup. Kalau tubuh kurang cairan, maka cairan dalam darah dan getah bening akan diserap sehingga darah dan getah bening menjadi kental. Akibatnya aliran darah kurang lancar.  Yang paling berbahaya bila aliran darh ke otak tersendat gara-gara kurang minum air putih, karena sel-sel otak akan cepat mati dan memicu timbulnyaa stroke. Darah yang kental juga akan melewti ginjal yang berfungsi sebagai penyaring racun dalam darah. Jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal akan bekerja ekstrakeras. Karena itu penting untuk minum air min 8 gelas perhari.
Ketiga Cairan menjaga suhu tubuh. Fakta medis menunjukkan tubuh manusia 70% terdiri dari cairan. Funsi cairan adalah untuk memproses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh. Khusus bagi manusia yang hidup di iklim tropis jika kekurangan air suhu tubuh akan menjadi panas dan dapat menyebabkan dehidrasi serta rusaknya sel syaraf dan penurunan kondisi tubuh.
Keempat air minum dalam jumlah yang cukup banyak bakal mendorong terbuangnya racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Jika kurang minum air, maka racun yang seharusnya keluar melalui keringat dan air seni tertahan di dalam tubuh. Akibatnya racun-racun menumpuk dan meracuni organ-organ di dalam tubuh.
Kelima sebagai media untuk mengantarkan vitamin dan nutrisi ke seluruh tubuh. Dengan minum air bersih  dan kaya mineral, maka vitamin yang terkandung dalam makanan akan lebih mudah diserap oleh tubuh melalui aliran darah. Jika kurang cairan, penyerapan vitamin dan nutrisi akan terhambat, dan daya tahan tubuh akan melemah.
Keenam memperlancar sistem pencernaan. Mengansumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan terhindar dari masalah pencernaan seperti maag dan sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.
Ketujuh menjaga kehalusan dan kelembaban kulit.  Air yang dikonsumsi sangat penting untuk mengatur struktur dan fungsi kulit, karena akan membantu sel-sel kulit tetap halus dan lembab.
Kedelapan untuk menghindari batu ginjal karena cairan tubuh merupakan media transportasi limbah untuk keluar masuk ke dalam sel. Ginjal akan berfungsi normal jika keseimbangan air dalam tubuh terjaga. Air adalah perisai terampuh untuk melindungi tubuh dari serangan batu ginjal karena air dapat mengusir semua zat sampah yang ada di dalam ginjal dengan membanjirinya. Zat sampah tidak dibiarkan mengndap dan akan didorong keluar dalam bentuk urin.
Kesembilan menghindari dehidrasi. Jangan menunggu haus baru minum, karena rasa haus adalah gejala awal dehidrasi. Cara lain untuk mendeteksi apakah seseorang sudah cukup minum air adalah dengan melihat warna urine. Jika warnanya bening berarti sudah cukup minum air.
Kesepuluh untuk membantu meningkatkan energi otot. Jika otot terasa nyeri dan lelah , itu adalah pertanda cairan tubuh tidak seimbang. Karena itu minum banyak air sebelum dan saat berolahraga dianjurkan untuk mengganti cairan yang hilang karena menjadi keringat.
Sumber :
§  Sungai
Rata-rata lebih dari 40.000 kilometer kubik air segar diperoleh dari sungai-sungai di dunia. Ketersediaan ini (sepadan dengan lebih dari 7.000 meter kubik untuk setiap orang) sepintas terlihat cukup untuk menjamin persediaan yang cukup bagi setiap penduduk, tetapi kenyataannya air tersebut seringkali tersedia di tempat-tempat yang tidak tepat. Sebagai contoh air bersih di lembah sungai Amazon walupun ketersediaannya cukup, lokasinya membuat sumber air ini tidak ekonomis untuk mengekspor air ke tempat-tempat yang memerlukan.
§  Curah hujan
Dalam pemanfaatan hujan sebagai sumber dari air bersih, individu perorangan/ berkelompok/ pemerintah biasanya membangun bendungan dan tandon air yang mahal untuk menyimpan air bersih di saat bulan-bulan musim kering dan untuk menekan kerusakan musibah banjir.
§  Air permukaan dan air bawah tanah.
Kelebihan Air :
*Penyakit diare. Di Indonesia diare merupakan penyebab kematian kedua terbesar bagi anak-anak dibawah umur lima tahun. Sebanyak 13 juta anak-anak balita mengalami diare setiap tahun. Air yang terkontaminasi dan pengetahuan yang kurang tentang budaya hidup bersih ditenggarai menjadi akar permasalahan ini. Sementara itu 100 juta rakyat Indonesia tidak memiliki akses air bersih.
*Penyakit cacingan
*Pemiskinan. Rumah tangga yang membeli air dari para penjaja membayar dua kali hingga enam kali dari rata-rata yang dibayar bulanan oleh mereka yang mempunyai sambungan saluran pribadi untuk volume air yang hanya sepersepuluhnya.

Kekurangan Air :
-      Akan mengakibatkan dehidrasi,bibir kering dan kulit menjadi kering



0 komentar:

Posting Komentar