Minggu, 10 Agustus 2014

0 Biografi Mark Elliot Zuckerberg – Pendiri Facebook

Mark Elliot Zuckerberg
Siapa diantara teman-teman blogger yang belum punya akun facebook? Pasti hampir semuanya memiliki akun facebook. Tahu gak teman siapa pendiri facebook? Apakah dia seorang yang sudah berumur? Ataukah ia berasal dari keluarga kaya yang memberinya fasilitas?
Ternyata yang mendirikan facebook adalah seorang anak muda yang saat ia mendirikan facebook umurnya baru 24 tahun. Ia juga tidak berasal dari keluarga kaya. Namanya adalah Mark Elliot Zuckerberg atau sering disebut Mark Zuckerberg.


Mark Zuckerberg dilahirkan pada tanggal 14 Mei 1984 di Dobb Ferry, West chester County, New York. Ia adalah anak ke dua dari empat bersaudara. Ayahnya berprofesi sebagai dokter gigi dan ibunya sebagai psikiater. Mark Zuckerberg adalah keturunan Yahudi dan ia aktif sebagai anggota Apha Epsilon Pi yaitu organisasi mahasiswa Yahudi Internasional.

Mark menyelesaikan sekolah menengahnya di Ardsley High School dan kemudian masuk Phillips Exeter Academy. Kemudian ia melanjutkan ke universitas Harvard dengan jurusan psikologi. Saat ini Mark adalah satu-satunya anak muda yang berhasil menjadi billionaire dengan jerih payahnya sendiri melalui kendaraan yang bernama Facebook.com. Ia termasuk dalam seratus orang terkaya di dunia dengan urutan ke 67. Nilai kekayaannya ditaksir lebih dari 17 miliar dolar. Padahal saat ini ia belum genap 30 tahun.
Mark drop out dari Harvard karena kesibukannya mengurusi facebook. Namun ia berhasil menjadi anak muda terkaya di dunia dari hasil jerih payahnya sendiri. . “Dia adalah billionaire termuda di dunia saat ini, dan kami yakin ia adalah billionaire ter muda sepanjang sejarah yang mengumpulkan sendiri kekayaannya,” ujar Matthew Miller, associate editor Majalah Forbes.
Kebanyakan anak muda yang masuk dalam jajaran orang terkaya dunia adalah dari warisan orang tuanya, namun Mark tidaklah demikian. Sehingga majalah Forbes menobatkan Zuckerberg sebagai “The Youngest `Self-made’ Billionaire on the Planet” tahun 2008.
Berdirinya Facebook
Bagaimana awal berdirinya facebook? Berikut ini ulasannya. Mark Zuckerberg adalah anak yang sangat cerdas. Sejak kecil ia suka mengotak-atik komputer. Pada umur 8 tahun, ayah Mark membelikannya sebuah komputer. Sejak saat itulah ia bisa menghabiskan waktunya bermain dengan komputer.
Di sekolah Zuckerberg termasuk anak yang pandai. Ia unggul di bidang matematika. Mark Zuckerberg sering menerima hadiah dan penghargaan di bidang sains (matematika, astronomi, dan fisika). Ia juga bisa berbahasa asing selain bahasa Inggris. Dalam angket pendaftaran mahasiswanya, ia menulis bisa berbahasa Prancis, Ibrani, Latin dan Yunani Kuno. Bahkan baru-baru ini ia juga gencar belajar bahasa Cina. Mungkin ia belajar lewat istrinya yang berketurunan Cina (Priscilla Chan).
Saat di SMA Mark Zuckerberg dan temannya yang bernama D’Angelo berhasil membuat plug-in untuk MP3 player Winamp. Kemudian mereka mengirim program itu ke AOL (American on line) dan Microsoft. Melihat kejeniusannya dalam memprogram akhirnya Microsoft mempekerjakannya untuk menyelesaikan sebuah proyek.
Ketika di Harvard, Mark menemukan bahwa Harvard tidak membagi buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa Harvard pada mahasiwanya, padahal menurut Mark hal itu sangat penting agar sesama mahasiswa bisa saling kenal. Kemudian Mark menawarkan diri untuk membuat program seperti itu namun ditolah oleh pihak Harvard dengan alasan Harvard tidak mengedarkan informasi mengenai data mahasiswanya.
Zuckerberg tak kehilangan akal, ia lalu membuat situs coursematch.com yang memungkinkan teman-teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain melalui website itu. Mark tetap ingin melanjutkan keinginannya untuk membuat direktori mahasiswa Harvard agar tak hanya teman sekelasnya saja yang bisa saling berkomunikasi namun juga semua mahasiswa Harvard bisa saling mengenal.
Suatu malam Mark mencuri data mahasiswa Harvard dan memasukkan foto-foto mereka kedalam website yang ia buat yang bernama facemash.com. Ia memampang foto tema-temannya dan memberi pancingan foto siapa yang paling hot. Ternyata pancingannya mengena. Empat jam sejak website itu diluncurkan 450 orang mengunjungi situs itu dan 22 ribu foto dibuka. Pihak Harvard pun mengetahuinya dan sambungan internet diputus. Mark pun mendapat teguran. Ia menyampaikan permintaan maafnya namun ia tak berhenti.
Mark kemudian membuat website baru yang bernama thefacebook.com. Ia meluncurkannya pada februari 2004. Website ini memungkinkan seseorang memiliki akun, mereka dapat memasang fot dan saling bertukar informasi dengan temannya atau saudaranya. Awalnya sasaran thefacebook.com adalah mahasiswa Harvard, namun seiring dengan perkembangannya akhirnya kampus sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan bahkan ia juga menerima permintaan dari khalayak umum seperti para pekerja dan anak sekolahan.
Saat ini thefacebook.com namanya telah berubah menjadi facebook.com. Dan jangkauannya sudah menjangkau seluruh dunia. Facebook adalah website teraktif ke enam sedunia dengan user aktif sebesar 70 juta orang.
Mark Zuckerberg semakin sibuk, ia juga menggandeng temannya untuk menggarap facebook.com. Kuliahnya di Harvard pun tak diurusinya dan akhirnya drop out. “Saya sudah menemukan apa yang saya cari,” begitu alasannya keluar dari Harvard.
Facebook pun mengalami penyempurnaan, setiap harinya ada sekitar 14 juta foto diupload. Selain itu facebook juga menambah aplikasi baru setiap hari hingga saat ini ada sekitar 20ribu aplikasi yang tersedia di facebook.
Mark Zuckerberg Menjadi Billionaire
Pad tahun 2006 facebook membuak jaringan untuk umum dengan syarat harus memiliki email. Jumlah anggota facebook yang meningkat ini akhirnya membuat pangsa pasar baru alias tambang emas bagi Mark.
Saat usernya mencapai satu juta, Mark pun menawarkan investasi pada perusahaan lain yang mau bergabung mengembangkan facebook. Tercatatlah perusahaan seperti PayPal, Accel Partners, Greylock Partners, Merytech Capital Partners, Li-Ka-Shing, Viacom, Google, Yahoo dan bahkan Microsoft ikut menanam saham di facebook. Karena hal inilah ada rumor facebook mau dijual, namun Mark mengingkarinya dan menegaskan facebook tak akan dijual.

Melesatnya bisnis facebook membuat Mark menumpuk kekayaan hingga mencapai 17,5 miliar dollar. Ini membuat ia menjadi anak muda pertama yang kaya raya dari kerjanya sendiri bukan warisan. Hingga banyak majalah termasuk Time dan Forbes menobatkannya sebagai “Man of the Year”.

Masalah Facebook

Melesatnya facebook tak berarti bebas dari masalah. Mulai dari awal menyabot mendapat peringatan dari Harvard, kemudian dituduh menjiplak oleh connectU, serta kontroversi internasional Cina yang sempat membuat tembok api internet, kemudian Myanmar, Bhutan, Syria, Arab Saudi, Iran yang menuding facebook mempromosikan serangan terhadap negara mereka sehingga akses terhadap facebook pun ditutup.

Kesederhanaan Mark Zuckerberg


Walau sudah dinyatakan sebagai billionaire, namun Mark tetaplah sederhana. Saat awal membuat facebook, ia menyewa apartemen sederhana yang isinya hanya meja kursi dan kasur yang diletakkan di lantai (walau saat ini ia sudah bisa membeli apartemen senilai $7 juta). Saat datang di Palo Alto, kantor facebook, ia juga masih memakai sepeda angin.

Ketika ia menikah dengan kekasihnya, Priscilla Chan, ia tidak mengadakan pesta super mewah namun hanya pesta kecil yang diadakan di halaman belakang rumahnya. Itupun undangannya bukanlah undangan pernikahan melainkan merayakan kelulusan Priscilla Chan dari kedokterannya. Entah hal ini dilakukan karena ia memang hidup sederhana atau karena tak ingin ribet menyiapkan pesta pernikahannya yang pasti tentulah ia ingin fokusnya tetap di facebook.

Dalam suatu kesempatan Mark Zuckerberg pernah mengungkapkan tentang kesuksesannya bahwa orang hanya tahu dia yang sekarang namun tak tahu jika ia selama enam tahun setiap hari memprogram di depan komputer.

Biodata Mark Zuckerberg

Nama :  Mark Elliot Zuckerberg
Lahir :  14 Mei 1984, White Plains, New York, AS
Alamat :  Palo Alto, California
Suku :  Jewish atau Yahudi
Almamater : Phillips Exeter Academy, Universitas Harvard (keluar)
Pekerjaan : CEO/Presiden Facebook (pemegang 24% saham tahun 2010)
Dikenal :  Mendirikan Facebook tahun 2004; menjadi miliarder termuda di dunia pada 2008
Kekayaan :  ▲ US$17,5 miliar (2011)
Pasangan : Priscilla Chan (menikah 17 mei  2012–sekarang)
Kerabat : Randi (kakak), Donna dan Arielle (adik)
Penghargaan: TIME Person of the Year 2010
Situs web :  Facebook.com/MarkZuckerberg

0 komentar:

Posting Komentar