Minggu, 10 Agustus 2014

0 Biografi Oprah Winfrey-Pemandu Talk Show Tersukses Dunia

Biografi Oprah Winfrey

Siapa yang tahu sosok wanita berkulit hitam berikut ini. Ya, dia adalah Oprah Winfrey salah seorang selebritis papan atas Amerika Serikat yang termasuk dalam wanita terkaya dunia versi Forbes dengan nilai kekayaan 1,3 miliar dolar. Oprah adalah pemandu acara bincang-bincang di televisi dengan nama acara sesuai namanya yaitu Oprah Winfrey Show. Ia juga seorang pengusaha sukses.


Oprah adalah wanita berkulit hitam yang termasuk sukses, namun kesuksesannya tak ia raih dengan mudah. Berbagai cobaan hidup semasa kecil membuatnya menjadi pribadi yang tangguh dan itu yang mengantarkannya pada kesuksesan.

Oprah lahir dengan nama Oprah Gail Winfrey, sebenarnya orang tuanya memberinya nama Orpah namun bidan yang menangani persalinannya keliru mengeja namanya sehingga menjadi Oprah.
Oprah dilahirkan di kosciusko, Mississipi pada tanggal 29 Januari 1954. Karena orang tuanya berpisah, ia kemudian dibesarkan oleh neneknya yang memiliki watak yang keras bernama Hattie Mae, ia diasuh neneknya selama enam tahun.

Saat Oprah berumur enam tahun, ia diasuh oleh ibunya, ia kemudian tinggal serumah bersama dua saudara tirinya, karena sibuk bekerja ibu Oprah tidak sempat memperhatikan anak-anaknya. Karena hal inilah Oprah sering melarikan diri dari rumah karena ingin diperhatikan oleh ibunya.

Saat Oprah berusia 14 tahun, ia mendapat pelecehan seksual dari saudara sepupunya yang berumur 19 tahun. Oprah pun hamil dan melahirkan saat usianya masih di bawah umur yaitu 14 tahun, namun bayinya meninggal dunia sesaat setelah dilahirkan.

Kenakalan Oprah semakin menjadi, puncaknya adalah ketika ia meninggalkan rumah dan tidak pulang sama sekali selama seminggu. Ibunya yang sudah tidak bisa menghandle Oprah akhirnya mengantarkan Oprah ke rumah ayahnya di Nashvile.

Saat berada diasuhan ayahnya inilah ia mendpatkan pelajaran hidup yang begitu berharga. Ayah Oprah adalah tipe ayah yang sangat disiplin dan sangat tegas. Ayahnya menciptakan peraturan yang ketat untuk anak-anaknya termasuk Oprah. Ayah oprah tidak mentolelir nilai selain A, mengingat nilai Oprah disekolah sangat jelek, Oprah sering mendapat teguran keras dari ayahnya. Oprah yang takut pada sang ayah akhirnya harus belajar ekstra keras untuk memperbaiki nilainya agar tidak dimarahi ayahnya. Sesuatu hal yang jarang dilakukan oleh Oprah adalah belajar dan membaca namun karena takut pada ayahnya, ia harus melakukannya.

Hal inilah yang akhirnya membuat Oprah menjadi anak yang awalnya hanya seorang murid yang kurang diperhitungkan akhirnya menjadi anak yang populer. Dengan belajar, Oprah menjadi anak yang cerdas. Setiap akhir pekan ayahnya selalu memberi bacaan pada Oprah yaitu buku-buku orang sukses seperti para ilmuwan seperti einstein, negarawan abrahamlincoln dan para tokoh sukses dunia lainnya. Setelah selesai membaca biasanya Oprah disuruh untuk menuliskan ceritanya kembali dan dibacakan pada ayahnya. Dari sini wawasan Oprah menjadi luas, hal ini sangat membantunya ketika ia menjadi pembawa acara talk show saat ini.

Walaupun awalnya Oprah sangat tidak menyukai cara ayahnya mendidiknya namun lama-lama ia menjadi sadar bahwa didikan seperti inilah yang ia perlukan agar hidupnya menjadi sesukses sekarang. Ia sangat berterima kasih pada ayahnya akan apa yang telah diberikan ayahnya selama ini. Ayahnya telah membuat peraturan dan menerapkannya dengan tegas tapi juga tetap memberikan cinta dan perhatian yang diinginkannya.

Pada umur 16 tahun, Oprah ditunjuk untuk menjadi pembicara di suatu gereja. Kemudian diusianya yang ke 17 ia mendapat pekerjaan pertamanya sebagai penyiar radio yang membawakan acara berita. Dari pekerjaan ini Oprah mendapat honor 100 dolar seminggu, suatu jumlah yang besar di masa itu untuk anak seusianya.

Pada umur 19 tahun bakatnya ditemukan oleh sebuah stasiun televisi di Nashville, ia bekerja sebagai wartawan dan penyiar berita di sana.

Oprah Winfrey Show

Pada tahun 1984 Oprah didaulat untuk membawakan acara A.M Chicago, dalam sekejab acara tersebut mendapat tempat di hati masyarakat. Ia kemudian menjadi bintang di 120 kota besar di USA.  Mengingat suksesnya acara tersebut, oleh pihak televisi, Oprah kemudian dibuatkan acara yang mengunakan namanya sebagai nama programnya yaitu Oprah Winfrey Show. Acara ini melejit bak anak panah, acara ini kemudian menjadi pertunjukan talk show nomor satu di Amerika. Acara Oprah Winfrey Show ditonton lebih dari 48 juta orang tiap minggunya.

Menerbitkan O Magazine

Sejalan dengan kesuksesannya di televisi, Oprah kemudian juga menerbitkan O Magazine dan meraih sukses. Majalah ini selain diluncurkan di Amerika juga diterbitkan seri Afrikanya. Majalah ini sangat menginspirasi terutama bagi warga kulit hitam, karena mengangkat citra kulit hitam yang awalnya miskin menjadi sukses luar biasa seperti Oprah.

Menjadi Aktris dan Produser
Selain menerbitkan majalah, Oprah juga membuat Harpo Production yaitu rumah produksi yang telah menelurkan karya besar seperti :
·         The Color Purple (1985)
·         Native Son, The Women of Brewster Place (1989)
·         Before Women Had Wings(1997)
·         Beloved (1998)
Nama Harpo sendiri adalah namanya yang ejaannya dibaca dari belakang. Selain itu ia juga memproduseri  Broadway theatre "The Color Purple", membuat situsnya sendiri (oprah.com), dan memiliki radio satelit Oprah and Friends.

Penghargaan Yang Diterima Oprah :
2006
Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di Seluruh Dunia.
Library Lion 2006 dari Perpustakaan Publik New York (The New York Public Library).
2005
2005 National Freedom Award dari Musium Hak-hak Sipil Nasional (National Civil Rights Museum)
National Association for the Advancement of Colored People — Hall of Fame
Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di Seluruh Dunia.
2005 International Emmy Founders Award dari International Academy of Television Arts & Sciences.
2004
Penghargaan Global Aksi-aksi Kemanusiaan (Global Humanitarian Action Award ) dari Asosiasi PBB Amerika (United Nations Association of the United States of America)
Penghargaan atas Jasa Terhormat (Distinguished Service Award) dari Asosiasi Penyiaran Nasional (National Association of Broadcasters)
Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di Seluruh Dunia.
2003
Association of American Publishers – AAP Honors Award
2002
54th Annual Primetime Emmy Awards® – Bob Hope Humanitarian Award
Broadcasting & Cable – Hall of Fame
1999
National Book Foundation – 50th Anniversary Gold Medal
1998
National Academy of Television Arts & Sciences® – Lifetime Achievement Award
Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di abad ke 20th.
1997
Newsweek – Most Important Person in Books and Media
TV Guide – Television Performer of the Year
1996
International Radio & Television Society Foundation – Gold Medal Award
George Foster Peabody Awards – 1995
Individual Achievement Award

Kontroversi Oprah Dengan Hermes

Pada waktu Oprah mengunjungi Paris, ia menuju ke outlet Hermes, ia ingin membeli produk Hermes namun karyawan toko melarangnya karena toko akan tutup, padahal Oprah tahu kalau toko masih melayani pengunjung. Oprah tahu masalah sebenarnya adalah karena ia orang keturunan Afrika berkulit hitam. Namun saat ia pulang ke Amerika, pihak Hermes meminta maaf. Saat itu karyawan tersebut tidak tahu kalau yang datang adalah Oprah karena memang saat itu Oprah tidak berdandan seperti saat tampil di televisi.
Itulah Biografi Oprah Winfrey, seorang wanita kulit hitam, miskin dan sempat hamil serta punya anak diluar nikah namun karena keinginannya untuk sukses akhirnya ia berhasil membuktikan pada dunia bahwa apapun latar belakang serta masa lalu seseorang, ia tetap memiliki hak untuk sukses dalam hidupnya karena pada dasarnya kesuksesan itu adalah hak setiap orang. Semoga bermanfaat.

Biodata Oprah Winfrey
Nama :                  Oprah Gail Winfrey
Lahir :                    29 Januari 1954, Kosciusko, Mississippi, Amerika Serikat
Alamat :               Chicago, Illinois, Amerika Serikat
Pekerjaan:          Talk show host, media mogul
Gaji :                      $385 juta (2008)[1]
Kekayaan :          lebih dari 2,7 milyar dolar AS (Sept. 2008)
Pasangan :          Stedman Graham

0 komentar:

Posting Komentar